Hari Ketiga Darul Arqam SMAMSA Bahas Isu Lingkungan Hidup

TABLOIDMATAHATI.COM, MALANG-Masuk hari ketiga pelaksanaan Darul Arqam SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang (SMAMSA), semaiin variatif topic yang dibahas dalam forum ini. Kali ini menghadirkan nara sumber Ketua Ikatan pelajar Muhammadiyah (IPM) Kota Malang, Farhan Alif, membawa tematik lingkungan hidup.

Mengapa kita perlu peduli dengan lingkungan? Farhan Alif yang juga alumni SMAMSA membuka paparan tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup. Sebab manusia diciptakan Allah selain untuk beribadah kepada hanya pada Allah juga sebagai khalifah di bumi. Khalifah untuk mengelola hasil bumi tanpa merusak lingkungan yang dihuni mahluk Allah lainnya. Sehingga tata cara kelola sesuai agama inilah dapat memakmurkan manusia dan mengayomi manusia dari kerusakan dan bencana.

Hari Ketiga Darul Arqam SMAMSA Bahas Isu Lingkungan Hidup 1Suasana Darul Arqam hari ketiga SMAMSA bahas lingkungan hidup.

Bencana dapat disebabkan karena sampah, lanjut Farhan, bahkan fakta tentang plastik yang sekarang ada sangat memprihatinkan. Sebab manusia tergantung dari plastik bahkan muncul wacana menghilangkan plastik, karena banyak manusia menggunakan plastik untuk kebutuhan hidupnya.

Lanjut Farhan, plastik menjadi problem karena di semua aspek kehidupan tidak bias lepas dari plastik. Setiap hari 1 juta botol plastik dijual/menit di dunia. Bahkan sempat booming trending gerakan membawa tumbler. Sebab plastik baru dapat terurai dalam ratusan tahun, sedangkan pengelolaan limbah juga kurang bahkan tidak bagus. Bila dibakar akan mencemari udara, bila ditimbun mencemari tanah.

Divisi KHM (Kader Hijau Muhammadiyah) IPm Kota Malang, mengimbau peduli lingkungan yang mudah diterapkan pelajar. Diantaranya menanam tumbuhan, membuang sampah pada tempatnya, menerapkan reduce, reuse, recyle.

Selain itu, Farhan juga memaparkan pencemaran lingkungan juga diakibatkan mengimbau membuang sampah di sungai dengan alasan agar lebih mudah, cepat, dan hemat biaya. (rilis: maya marisa/editor: doni osmon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *