Ustadz Sobrun Jelaskan Urgensi Puasa-Kesehatan Saat Darul Arqam SMAMSA

TABLOIDMATAHATI.COM, MALANGPuasa DAN Kesehatan apa relevansinya? Itulah pembuka tausyiyah ustadz Sobrun Jamil, ketika mengisi materi di Darul Arqam SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang (SMAMSA) tadi pagi.

Lebih lanjut ustadz Shobrun Jamil mengatakan ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal. Selain itu, dengan menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik.

Salah satu penyebab beberapa penyakit, kata ustadz Sobrul Jamil, dalam tubuh adalah over konsumsi, oleh sebab itu dengan berpuasa adalah salah satu menjaga kesehatan tubuh. Sebagaimana hadis yang berbunyi…. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya.

Ustadz Sobrun Jelaskan Urgensi Puasa-Kesehatan Saat Darul Arqam SMAMSA 1ustadz Sobrun Jamil saat presentasi Darul Arqam SMAMSA.

Namun, tandas ustadz Sobrul Jamil, masih pada hadis Nabi Shallallahu Alaihi Wassallam …jika ia harus melebihinya, hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk udara.

Berdasarkan hal ini, kata ustadz Sobrun Jamil, berpuasa tidak hanya dititik beratkan pada menahan lapar dan haus melainkan menjaga kesehatan hati dalam artian ruh karena hati adalah rajanya tubuh. Mengapa demikian? Karena hati menjadi pemutus perkara untuk melaksanakan kebaikan atau keburukan. Nabi Shalllallahu Alaihi Wassallam bersabda Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati. (kontributor: maya marisa/editor: doni osmon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *