Jelaskan Manfaat HBH SMAMSA, Raih Taubat-Silaturahmi Dunia Akherat

TABLOIDMATAHATI.COM, MALANG– 24 Mei 2021 sangat memotivasi pesan yang disampaikan oleh ustadz Muhamad Salim Akbar, S.Pd, dalam pesan kebaikan acara Halal Bi Hahal (HBH) SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang disingkat SMAMSA. Apa pesan tersebut? Ustadz Salim menyebutkan HBH dapat menghapus dosa sebagai bentuk taubat antara Allah dengan hambaNya serta dosa sesama manusia (hablumminannas).

Selain tujuan tersebut, lanjut ustadz Salim halal bil halal juga menjadi sarana untuk menyambung tali silaturahmi yang selama ini sudah terputus. Sehingga menjadi penyebab turunnya keberkahan Allah dalam kehidupan seseorang tersebut.

Kuatnya hikmah pada HBH ini, tandas ustadz Salim, mengingatkan kepada seorang muslim untuk tidak melakukan perbuatan dzalim. Jika perbuatan ini menyakiti seseorang maka dapat menimbulkan dosa yang tidak diampuni selama orang tersebut belum saling mema’afkan. Misalnya antara seorang guru dan siswa. Ketika gurunya sudah susah payah membuat soal, namun siswanya tidak mengerjakan soal tersebut, suatu kedzaliman yang saat ini dianggap biasa.

Berdasarkan hikmah ini, tandas ustadz Salim, setelah HBH antara siswa dan guru sudah saling memaafkan tidak ada lagi dosa kedzaliman. Semoga hal ini menjadi momentum awal meraih keberkahan pada sebelas bulan ke depan untuk menjadi pribadi takwa yang sebelumnya sudah ditempa selama ramadhan. (doni osmon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *