Profil Sekolah

PROFIL SEKOLAH

 A.    Pendirian

SMA Muhammadiyah 1 Malang didirikan dengan piagam pendirian tertanggal  1 Januari 1951, di atas tanah milik Kyai Bejo Darmo Leksono.

 

Sejarah pendirian dapat dilihat di halaman Sejarah SMAMSA

B.       Visi, Misi, dan Tujuan SMA Muhammadiyah 1 Malang

Visi dan misi SMA Muhammadiyah 1 Malang disusun berdasarkan rapat guru dan karyawan pada tanggal 14 Maret 2009. Kemudian dilakukan revisi pertama berdasarkan rapat guru dan karyawan tanggal 15 Nopember 2011 dan dilakukan revisi kedua tanggal 5 November 2014. Revisi ketiga tanggal 30 Maret 2020 berdasarkan rapat pimpinan.

Adapun visi, misi, dan tujuan SMA Muhammadiyah 1 Malang adalah :

Islami, Berkarakter, Unggul, Kreatif, Ramah Anak

NO RUMUSAN RINCIAN
1 VISI Islami, Berkarakter, Unggul, Kreatif, Ramah Anak
2 INDIKATOR PENCAPAIAN VISI Islami

1.      Terwujudnya pribadi yang berakidah, beribadah dan berakhlak Islami;

2.      Terwujudnya kultur Islami di lingkungan sekolah.

Berkarakter       :

1.     Terwujudnya pribadi dengan karakter dasar yang optimal;

2.     Terwujudnya sekolah yang berkarakter dan profesional;

Unggul

a.      IMTAQ

1.      Memiliki keimanan dan ketakwaan pada Allah SWT. yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari;

2.      Mampu menghafal Al-quran minimal 5 juz;

b.      IPTEK

1.      Terwujudnya pribadi yang cinta ilmu pengetahuan dan teknologi;

2.      Memiliki kompetensi dalam mengakses ilmu pengetahuan melalui teknologi  informasi;

3.      Memiliki wawasan global.

c.      Prestasi

1.      Akademik, dibuktikan adanya :

1.    Tingkat kelulusan 100 % dengan pencapaian prestasi Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang tinggi;

2.    Lulusan diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta unggulan dalam dan luar negeri;

3.    Pencapaian prestasi yang tinggi dalam olimpiade mata pelajaran MIPA dan IPS dari tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional maupun Internasional

2.      Non Akademik : Adanya pencapaian prestasi yang tinggi dalam bidang olahraga, kesenian, IT, kepanduan, keorganisasian dan kepemimpinan;

3.      Karya ilmiah; Adanya pencapaian prestasi yang tinggi dalam bidang karya ilmiah;

4.      Bahasa : Adanya pencapaian prestasi yang tinggi dalam bidang bahasa Arab dan bahasa Inggris

d.      Enterprenuer, memiliki kemampuan menghasilkan karya (produk) yang bernilai jual;

e.      Layanan

1.      Terwujudnya sistem informasi manajemen sekolah yang terintegrasi;

2.      Terwujudnya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten, berintegritas, dan berdedikasi tinggi;

3.      Terciptanya kepercayaan yang tinggi dari masyarakat, lembaga pendidikan tinggi, dan pemerintah.

v  Kreatif

Terwujudnya pribadi yang mampu menciptakan ide dan produk baru, dan mampu memanfaatkan peluang baru.

v  Ramah Anak

1.      Terwujudnya iklim sekolah yang multikultural, bebas diskriminasi dan kekerasan;

2.      Terwujudnya layanan pendidikan inklusi secara optimal bagi anak berkebutuhan khusus dan layanan khusus;

3.      Terwujudnya rasa aman dan nyaman selama proses pembelajaran.

 

3 MISI 1.      Membiasakan warga sekolah untuk membaca dan menghafal Al- qur’an, sholat berjamaah dluha, dhuhur/Jumat dan asar serta berinfak;

2.      Memberdayakan warga sekolah untuk membentuk karakter islami sesuai dengan pedoman hidup islami warga Muhammadiyah;

3.      Melaksanakan pengkaderan sebagai generasi penerus persyarikatan;

4.      Membiasakan salam, senyum, sapa, sopan, santun (5S);

5.      Membudayakan karakter dasar  utama religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong dan integritas;

6.      Menerapkan pengelolaan manajemen sekolah yang profesional;

7.      Menciptakan sistem pembelajaran yang aktif kreatif inovatif dengan pendekatan saintifik, STEM dan STEAM;

8.      Membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan teknologi informasi dan komunikasi yang berwawasan global serta berorientasi pada kecakapan hidup;

9.      Menumbuhkan dan meningkatkan budaya literasi;

10.   Mengasah kreatifitas sesuai bakat dan minat peserta didik;

11.   Mengembangkan budaya kompetitif bagi peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi;

12.   Membentuk pola pikir kritis, kreatif dan ilmiah;

13.   Meningkatkan keterampilan bahasa asing;

14.   Melaksanakan pelatihan-pelatihan keterampilan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan (enterpreneur);

15.   Mengembangkan pengelolaan sistem informasi manajemen sekolah yang terintegrasi meliputi profil sekolah, ketenagaan, akademik, kesiswaan dan alumni, sarana prasarana, keuangan dan perpustakaan;

16.   Meningkatkan kualitas profesionalisme, prestasi dan produktifitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui pembinaan-pembinaan internal persyarikatan, pelatihan, workshop dan seminar;

17.   Mengembangkan jejaring secara dinamis dan harmonis berskala lokal, nasional, dan internasional;

18.   Meningkatkan kualitas layanan untuk membangun kepercayaan masyarakat secara luas;

19.   Mengembangkan lingkungan sekolah yang aman, bersih dan sehat dengan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan berkalayakan;

20.   Mengembangkan layanan khusus kepada peserta didik yang membutuhkan.

 

4 TUJUAN 1.     Mewujudkan pribadi yang berakidah Islamiyah kuat, beribadah sesuai syariat, dan berakhlak mulia;

2.     Mewujudkan lembaga pendidikan  Muhammadiyah sebagai pusat perkaderan;

3.     Mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dalam moral, intelektual dan karakter;

4.     Mengembangkan manajemen sekolah yang profesional berdasarkan pada prinsip-prinsip transparansi, partisipasi dan akuntabilitas;

5.     Mewujudkan lulusan yang unggul dalam prestasi akademik, non-akademik, keorganisasian dan kepemimpinan;

6.     Mewujudkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan mampu bersaing di dunia kerja serta siap hidup di masyarakat;

7.     Mewujudkan lulusan yang terampil berbahasa asing terutama bahasa Inggris dan bahasa Arab;

8.     Mewujudkan sistem informasi manajemen sekolah yang terintegrasi yang memudahkan masyarakat dalam mengaksesnya;

9.     Meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran (penguasaan materi, metode, media, dan administrasi)

10.  Meningkatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dalam membuat perangkat, media dan evaluasi pembelajaran

11.  Meningkatkan keteladanan guru dan karyawan bagi peserta didik dan masyarakat;

12.  Mewujudkan  kerjasama yang dinamis harmonis dengan  alumni, orangtua/wali siswa dan masyarakat untuk menunjang pengembangan sekolah;

13.  Mewujudkan pelayanan yang cepat, tepat, dan memuaskan;

14.  Menjalin komunikasi dengan mitra sekolah, baik dalam negeri maupun luar negeri;

15.  Mengembangkan sistem penjaminan mutu sekolah;

16.  Mewujudkan sekolah ramah;

17.  Mengembangkan potensi peserta didik yang berkebutuhan khusus untuk memperoleh kecakapan hidup;

18.  Meningkatkan kualitas lembaga pendidikan Muhammadiyah;

5 MOTTO MAN JADDA WAJADA
6 SLOGAN SMAMSA CREATIVE SCHOOL

C.        KARAKTER SEKOLAH

Karakter sekolah diharapkan benar-benar menjadi karakter setiap warga sekolah yang diharapkan mampu mengamalkannya di setiap aktifitasnya baik aktifitas pribadi maupun aktifitas yang berkaitan dengan kepentingan sekolah. Agar mudah mengingatnya dan kemudian mampu mengamalkannya, karakter SMA Muhammadiyah 1 Malang disingkat : “AKU BISA” , yang merupakan kepanjangan dari :

Allah SWT selalu melihat kita.

Knowledge is power ( pengetahuan merupakan kekuatan ).

Undefeatable ( memiliki semangat juang yang tangguh ).

Be positive thinking ( selalu berpikir positif ).

Impressive ( selalu bersikap mengesankan ).

Self confidence ( memiliki sikap percaya diri ).

Action ( melakukan tindakan nyata ).

D.         POLA MANAJEMEN SEKOLAH : MPMBS

  1. Sekolah memiliki otonomi dalam mengelola sekolah
  2. Keputusan sekolah diambil secara partisipatif
  3. Ruang gerak pengelolaan sekolah bersifat luwes
  4. Pendekatan kepada komponen sekolah bersifat profesional
  5. Sifat kekuasaan : desentralistik
  6. Warga sekolah saling memotivasi diri
  7. Peraturan sekolah bersifat simpel tetapi efektif ( deregulasi peraturan )
  8. Pimpinan sekolah mempengaruhi warga sekolah
  9. Pimpinan sekolah memfasilitasi warga sekolah
  10. Warga sekolah mampu mengelola resiko
  11. Pengelolaan keuangan bersifat seefisien mungkin
  12. Sekolah memiliki teamwork yang cerdas dan dinamis
  13. Informasi terbagi kepada seluruh warga sekolah
  14. Pemberdayaan warga sekolah
  15. Organisasi sekolah bersifat datar

E.       IDENTITAS POKOK

  1. Alamat sekolah : Jl. Brigjen Slamet Riadi 134,

kelurahan : Oro-oro Dowo,

kecamatan : Klojen,

kota : Malang.

  1. Kode pos :     65112
  2. Nomor telepon : 0341-328445
  3. NPSN :     20533608
  4. NSS :      302056101015
  5. NDS :      E 32014001
  6. NIS  :     300310
  7. E mail :     [email protected]
  8. Website  :     http://smamsa.sch.id
  9. Logo sekolah / PIN yang dipasang di seragam siswa :
  10. Slogan sekolah / dipasang di atas bed di saku seragam siswa :

                 Man jadda wajada

Man jadda wajada berarti barangsiapa yang bersungguh-sungguh, maka akan bisa, terinspirasi dari AL Quran Surat Al Ankabut ayat 69.

وَٱلَّذِينَ جَٰهَدُوا۟ فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ ٱللَّهَ لَمَعَ ٱلْمُحْسِنِينَ
Arab-Latin:  Wallażīna jāhadụ fīnā lanahdiyannahum subulanā, wa innallāha lama’al-muḥsinīn
Terjemah Arti:  Dan orang-orang yang berjihad untuk (sungguh-sungguh mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.