Maksimalkan Fungsi UKS, SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang Jalin Kerjasama Puskesmas Serta Bentuk Kader UKS


O
RO-ORO DOWO-Masyarakat perlu mengetahui bahwa sekolah unggul salah satu ditunjang fasilitas pendukung kegiatan siswa. Fasilitas pendukung selain perpustakaan ada juga UKS (unit kesehatan sekolah). Sekolah yang mempunyai UKS dan tim kesehatan handal adalah SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang. Kok bisa? Kasek SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang, Dra. Umi Mafrukhah menyebutkan tim UKS di sekolahnya sangat handal, itu sebabnya beberapa waktu diikutsertakan membantu dalam program kesehatan remaja antara poltekesma dengan Nasyiatul Aisyiyah (NA) Kota Malang. Bahkan Tim UKS SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang juga menggandeng Tim ambulan gawat darurat (AGD) RS UMM, dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) Hizbul Wathan. “Kegiatan kami terkait kesehatan ini memang banyak, salah satunya menjadikan sekolah aman bencana bersama tim MDMC wilayah Malangraya,” akunya.

Lantas seperti apa UKS SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang? Penanggungjawab UKS SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang, Maya Marisa, SPd, mengaku fasilitas di UKS ada beberapa macam obat-obatan ringan, tempat tidur, serta beberapa alat terkait kesehatan siswa seperti tensi pengukur tekanan darah, timbangan berat badan sekaligus tinggi badan, serta beberapa obat luar P3K.

Maksimalkan Fungsi UKS, SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang Jalin Kerjasama Puskesmas Serta Bentuk Kader UKS 1Kader UKS SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang, mengantar pasien ke UKS.

Maya-begitu Maya Marisa disapa-mengungkapkan UKS ini mempunyai tim kesehatan. Tim ini bertugas atau piket setiap hari untuk memberikan pertolongan kesehatan ketika ada siswa yang mendadak sakit. Mereka tim kecil UKS ini dilatih cara menangani pasien sakit ringan, serta bagaimana tindakannya ketika pasien mengalami sakit berat.

Maksimalkan Fungsi UKS, SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang Jalin Kerjasama Puskesmas Serta Bentuk Kader UKS 2Pembina UKS memeriksa kondisi paseien apakah perlu dirujuk ke puskesmas atau tidak.

Terkait sakit berat ini, lanjut Maya, sekolah sudah menjalin kerjasama dengan puskesmas setempat. Sehingga pasien yang tidak bisa ditangani sekolah langsung dirujuk ke puskesmas, untuk mendapatkan pertolongan.

Bukan itu saja, tandas Maya, kerjasama dengan puskesmas juga pemeriksaan rutin seperti pengecekan kesehatan siswa secara berkala, penyuluhan tentang kebersihan lingkungan, serta masih dalam proses perencanaan yaitu pembentukan kader UKS. “Kami memang sudah merencanakan kader UKS agar siswa mempunyai keahlian dalam bidang penanganan kesehatan siswa,” akunya. (foto/pewarta : doni osmon) https://tabloidmatahati.com/maksimalkan-fungsi-uks-sma-muhammadiyah-1-kota-malang-jalin-kerjasama-puskesmas-serta-bentuk-kader-uks/#.XZLbgEYzbIW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *