Tiga Siswa SMAMSA Lolos SNMPTN Universitas Negeri Malang

TABLOIDMATAHATI.COM, MALANG-Siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang populer disingkat SMAMSA kembali menorehkan prestasi di jalur akademik. Pengumuman siswa SMAMSA diterima di Perguruan Tinggi Negeri menyebutkan tiga siswa lolos masuk pada Universitas Negeri Malang (UM).

“Alhamdulillah, siswa kami mendapatkan kemudahan dari Allah diterima di universitas negeri. Semoga prestasi ini menjadi motivasi siswa lain untuk mengikuti jejaknya meraih prestasi di tahun depan,” ujar Waka Humas SMAMSA Maya Marisa, S.Pd, tadi sore (22/3/20210.

Tiga Siswa SMAMSA Lolos SNMPTN Universitas Negeri Malang 1Tiga siswa SMAMSA diterima sebagai mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Siapa saja siswa prestasi tersebut? Maya mengungkapkan siswa dimaksud bernama Miranti XII MIPA yang diterima pada jurusan pendidikan sejarah UM, Indah Kumalasari XII IPS diterima pada jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Putri Nurrahmadani XII IPS lolos masuk jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. “Sukses para siswa ini tentu saja berkat kerja keras antara guru, wali murid, dan siswa yang menyatu dalam doa dan ikhtiar belajar bersama,” ucap Maya.

Berangkat dari prestasi ini, lanjut Maya, masyarakat jangan ragu memilih SMAMSA sebagai investasi pendidikan di masa depan. Langkah awal bisa daftar saja PPDB SMAMSA: program inden: oktober-desember 2020, reguler: januari-juli 2021 Jl. Brigjen Slamet Riadi 134 Oro-oro Dowo Malang, download aplikasi SMAMSA di playstore, http://smamsa.sch.id (telp. 081334218474, 082132682579) (foto: maya/editor: doni osmon)

Ustadz Zulfi Bedah Hikmah Isra’Mikraj, Guru-Siswa SMAMSA Belajar-Kinerja

TABLOIDMATAHATI.COM, MALANG-Guru, karyawan, dan siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang (SMAMSA) tumplek blek, di kajian virtual bersama ustadz senior Muhammadiyah, Dr. Zulfi Mubarok, membedah tematik Perspektif Isra’Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Hikmah Shalat dalam Peningkatan Kinerja Pegawai dan Disiplin Belajar Bagi Siswa tadi pagi (19/3/2021).

“Isra’Mikraj utama adalah shalat. Itu sebabnya banyak hikmah dari peristwa ini dan perintah shalat dalam semua aspek kehidupan. Termasuk bidang pendidikan jika ingin ‘hidup’ tegakkan shalat wajib maupun sunnah,” opening ustadz Zulfi Mubarok, saat virtual.

Kenapa shalat? Ustadz Zulfi mengambil contoh hikmah dalam kondisi pandemi saat ini. Bahwa mahluk Allah bernama covid mengajarkan seorang muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah, hidup bersih, serta menjaga ragawi yang dapat digunakan untuk melakukan ibadah.

“Ini semua terangkum dalam rasa syukur pemberian nikmat Allah berupa Islam, iman dan imun dalam konteks kesehatan. Nah, bentuknya rasa syukur tersebut salah satunya dengan menegakkan shalat tepat waktu lima kali sehari dilengkapi dengan shalat sunnah sesuai kemampuan masing-masing pribadi,” tandas Dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini.

Ustadz Zulfi Bedah Hikmah Isra’Mikraj, Guru-Siswa SMAMSA Belajar-Kinerja 1
Suasana kajian online di SMAMSA bahas hikmah isra’mikraj.

Sebelum shalat, tandas Zulfi, seorang muslim terlebih dulu mensucikan diri melalui wudhu. Pada saat wudhu ada proses pembasuhan anggota tubuh yang saat ini dijadikan protocol kesehatan penanganan covid. Seperti cuci tangan, jaga jarak, mengunakan hand sanitizer yang semua itu mengarah kepada kebersihan diri dan lingkungan agar sehat bersama.

“Semua ini sebenarnya sudah diatur dalam shalat. Begitu juga ketika pengelola dan siswa suatu lembaga pendidikan menegakkan shalat dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan sekitarnya, maka akan mengundang keberkahan. Salah satu bentuk keberkahan adalah banyaknya siswa dan lulusannya menjadi sholeh dan sholehah berkarakter ahklahul kharimah, seperti yang terjadi di SMAMSA ini,” ucap ustadz Zulfi.

Bersyukur, lanjut ustadz Zulfi, merupakan kunci penting dalam mengelola lembaga pendidikan, begitu juga dengan siswanya harus selalu bersyukur meskipun berlajarnya virtual. Sebab dengan bersyukur khususnya ketika posisi sujud dalam shalat merupakan kerendahan diri seorang Hamba Allah agar mendapatkan pertolongan dan tambahan nikmat atas rasa syukur tersebut di setiap keadaan.

Shalat di tutup dengan salam, tambah ustadz Zulfi, untuk mengingatkan seorang hamba Allah harus melihat lingkungan, ta’awun dalam segala kebaikan untuk mewujudkan harapan menjadi kenyataan. Jika konteksnya pendidikan, maka apa yang dilakukan SMAMSA sudah tepat dengan mengembangkan ma’had Bedjo Dermoleksono. Sekarang saatnya menoleh kanan kiri mengucap salam untuk ta’awun mewujudkan ma’ad tahfidz tersebut segera teralisasi. (foto: maya marisa/editor: doni osmon) daftar saja PPDB SMAMSA: program inden: oktober-desember 2020, reguler: januari-juli 2021 Jl. Brigjen Slamet Riadi 134 Oro-oro Dowo Malang, download aplikasi SMAMSA di playstore, http://smamsa.sch.id(telp. 081334218474, 082132682579)

SMAMSA Timbun Juara, Teken MoU Ada Kelas Prestasi TV Lokal

TABLOIDMATAHATI.COM, MALANG– Gebrakan baru dilakukan SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang (SMAMSA) di bawah komando Kasek Dra. Umi Mafrukhah, bergerak bersama Majelis Dikdasmen PDM Kota Malang menggandeng salah satu stasiun televisi lokal Kota Batu untuk program unggulan.

Puji syukur diucapkan Umi Mafrukhah, karena kemarin (10/3/2021) sekolah yang dipimpinnya teken MoU dengan televisi lokal Batu. Dalam MoU tersebut SMAMSA akan ekspos program unggulan dan edukasi pembelajaran siswa dari program ada kelas di televise.

Program yang akan tayang? Bu Umi-nama panggilan Umi Mafrukhah-meliputi fokus unggulan akademik dan non akademik SMAMSA yang mengacu pada sekolah kreatif dan berkarakter islami. Seperti adanya program tahfidz sekaligus ma’had KH Bedjo Dermoleksono, pesantren malam ahad, intensif bahasa Inggris dan bahasa Arab, multimedia, dan tata boga.

SMAMSA Timbun Juara, Teken MoU Ada Kelas Prestasi TV Lokal 1Kasek SMAMSA Umi Mafrukhah, teken MoU televisi lokal.

Bukan itu saja, lanjut Bu Umi bahwa SMAMSA mempunyai jurusan andalan MIPA, IPS, dan bahasa. Bahkan menerima peserta didik berkebutuhan khusus, ruang kelas dilengkapi fasilitas LCD dan wifi. Masih belum lengkap, karena siswa prestasi juga akan diapresiasi dengan bea siswa.

Dari sinilah, lanjut Bu Umi sekolah SMAMSA dikenal sebagai creative school dengan menimbun para juara. Diantaranya juara kompetisi kepanduan se Jatim kategori putra dan putri, juara satu international pencak silat baik kategori tunggal maupun berkelompok, juara nasional simulasi bahasa, juara lomba esay nasional, juara kompetisi liga Kota Malang, juara tahfidz nasional MEA, dan juara pidato bahasa Arab nasional ajang MEA. (foto: mayamarisa/editor: doni osmon)

PPDB SMAMSA Kota Malang langsung datang ke JL Brigjen Slamet Riadi 134 Kota Malang, atau cukup membuka https://smamsa.sch.id/ppdb. Telp. 081334218474, 0895630912380

SMAMSA-Farmasi FIKES UMM Bahas Kosmestik Aman Remaja SMP

TABLOIDMATAHATI.COM, MALANG-Kosmestik aman? Mudah memilihnya, itulah yang disampaikan Apt. Dian Ermawati, M.Farm, dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang (FIKES UMM) sebagai nara sumber webinar yang digelar SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang (SMAMSA) kemarin Jum’at (26/2/2021). Pada seminar bertajuk Membangun Siswa yang Berkarakter dan Pemilihan Kosmetika yang Aman tersebut, Dian Ermawati menjelaskan diantara tips memilih kosmestik aman bagi remaja adalah melihat label kosmetiknya.

Dian Ermawati lantas menjelaskan salah satu sikap yang dimiliki untuk membangun karakter adalah percaya diri. Saat ini percaya diri pada anak remaja mulai luntur, mereka menganggap bahwa salah satu kecakapan seperti tampan dan cantik adalah hal yang dapat membuat mereka percaya diri. Padahal hal tersebut tidak benar.

SMAMSA-Farmasi FIKES UMM Bahas Kosmestik Aman Remaja SMP 1materi yang disampaikan cukup menarik, peserta antusias.

Menurut Dian Ermawati, personal branding di media sosial bukan soal seberapa banyak followers atau subscribesnya, tapi soal seberapa tulus dan jujur kita dalam menampilkan diri ini, melalui karya yang diharapkan bisa memberi dampak positif. Hal inilah yang menyebabkan banyak remaja yang akhirnya salah pilih kosmetik karena ingin tampil cantik/ganteng sesuai standart media.

Cara lainnya, lanjut Dian, tips memilih kosmetik yakni dengan cara cek kemasan, label, izin edar, kegunaan dan cara penggunaan, serta kadaluarsa. Ibaratnya ketika seseorang tidak dapat terbang, maka berlarilah, jika tidak dapat berlari, maka berjalanlah, jika tidak dapat berjalan, maka merangkaklah, tapi, apapun yang dilakukan harus terus bergerak maju.

SMAMSA-Farmasi FIKES UMM Bahas Kosmestik Aman Remaja SMP 2Tiga peserta dapat hadiah istimewa.

Sementara itu, Waka Humas SMAMSA Maya Marisa, S.Pd, mengatakan kegiatan ini dilakukan dengan mengundang perwakilan dari sekolah-sekolah SMP yang ada di Kota Malang. Selain untuk membekali pengetahuan akan hal yang disampaikan juga mengenalkan program unggulan SMA Muhammadiyah 1 Malang. Bahkan ada tiga peserta mengajukan pertanyaan. Semuanya mendapatkan hadiah dari pemateri yang dikirimkan langsung ke alamat rumah melalui (go send).

Tiga siswa tersebut, kata Maya Ananda Meutia Sahla dari SMA Muhammadiyah 1 Malang, Fedilla Fatimatus Zahro dari SMP Kartika IV-8 dan Addies Dyastari dari SMP Muhammadiyah 1 Malang. (foto/rilis: maya marisa/editor: doni osmon)

Mbah Bedjo di SMAMSA Butuh Bantuan, Kami Sudah Kapan Kalian?

TABLOIDMATAHATI.COM, MALANG-Warga persyarikatan Muhammadiyah yang populer dengan sikap dermawan, nyah-nyoh jika ada sesama yang membutuhkan, sudah saatnya untuk bergerak melihat ke Perguruan Oro-Oro Dowo. Kenapa? Waka Humas SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang, Maya Marisa, S.Pd, menyebutkan SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang (SMAMSA) sedang renovasi ma’had Bedjo Dermoleksono.

Dijelaskan Maya, renovasi dilakukan karena ma’had tersebut kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk pembelajaran Al Qur’an. Gentingnya sebagian besar pecah, plafonnya hancur berjatuhan ke lantai karena kayunya sudah rapuh dimakan rayap, jika hujan tiba kelasnya banjir, serta temboknya pengap dan lembab.

Mbah Bedjo di SMAMSA Butuh Bantuan, Kami Sudah Kapan Kalian? 1Kondisi ma’had Bedjo Dermoleksono proses renovasi, ayo donasi jangan biarkan mangkrak.

Berdasarkan realitas inilah, lanjut Maya, pengurus sekolah bersam forum alumni SMAMSA bergerak saling ta’awun mewujudkan ma’had Mbah Bedjo kembali utuh seperti sediakala berfungsi thalibul ilmi dan mengaji para hafidz dan hafidzah. Dari gerakan awal inilah terkumpul uang sebesar Rp. Rp. 527. 480. 000 (lima ratus dua puluh tujuh juta empat ratus delapan puluh ribu rupiah).

Dijelaskan Maya, dan ini tentu saja masih belum cukup untuk mewujudkan ma’had Mbah Bedjo yang ditotal jenderal menelan biaya sekitar Rp. 1. 528. 176. 000 (satu milyar, lima ratus dua puluh delapan juta seratus tujuh puluh enam ribu rupiah). Mengacu kepada hal ini, panitia pembangunan ma’had Mbah Bedjo SMAMSA mengetuk pintu hati para dermawan untuk menyisihkan sedikit amanah harta yang dititipkan Allah donasi pada ma’had Mbah Bedjo.

Mbah Bedjo di SMAMSA Butuh Bantuan, Kami Sudah Kapan Kalian? 2Renovasi lantai 2 yang sudah tampak kinclong, terima kasih para dermawan.

Maya lantas mengungkapkan, progress pembangunan ma’had Mbah Bedjo saat ini sejak dimulai proses renovasi tanggal 14 September 2020 lalu, yaitu renovasi yang dilakukan pengecoran lantai 2 untuk pembangunan asrama ma’had KHM. Bedjo Dermoleksono di lantai 3. Genting yang awalnya pecah sudah diganti, plafon pecah sudah diperbaiki, serta beberapa kerusakan lagi juga sudah mulai teratasi. Bagi yang ingin berdonasi bisa ditarnfer ke BRI Norek, 6383-01-012553-53-4 atas nama pembangunan SMA Muhammadiyah 1 Malang.

“Kami saat ini masih melanjutkan proses renovasi. Itu sebabnya kami ingin mengajak kepada masyarakat dan warga persyarikatan untuk mengulurkan tangan dengan donasi untuk kebaikan ma’had Mbah Bedjo,” pungkasnya. (foto: maya/editor: doni osmon)

daftar saja PPDB SMAMSA: program inden: oktober-desember 2020, reguler: januari-juli 2021 Jl. Brigjen Slamet Riadi 134 Oro-oro Dowo Malang, download aplikasi SMAMSA di playstore, http://smamsa.sch.id

SMAMSA-Psikologi UMM Virtual Parenting Support Ayah Ibu Semangatku

TABLOIDMATAHATI.COM, KLOJEN-Dua hari berturut-turut SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang populer disebut SMAMSA menggelar kegiatan virtual. Salah satunya kemarin (4/2/2021) webinar parenting bertema Support Ayah Ibu Semangatku.

“Acara ini mendapat dukungan dari fakultas psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, sehingga peserta antusias mengikuti motivasi dari psikolog untuk mendorong anaknya sukses prestasi di tengah pandemi,” ujar Waka Humas SMAMSA, Maya Marisa, S.Pd, kemarin.

Dijelaskan Maya, webinar ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara sekolah dengan wali murid yang sudah lama tidak melakukan pertemuan tatap muka. Pertemuan virtual ini sebagai sarana menyapa dan menyambung komunikasi dengan wali murid untuk membantu para wali murid dalam mendampingi siswa belajar daring.

SMAMSA-Psikologi UMM Virtual Parenting Support Ayah Ibu Semangatku 1Peserta parenting virtual di SMAMSA kemarin, wali murid antusias.

“Kami banyak menerima aspirasi dari para wali murid tentang kesulitan yang dihadapi saat mendampingi nak-anaknya berlajar daring. Itu sebabnya kami mencoba memberikan solusi sekaligus motivasi agar masalah tersebut dapat diatasi,” ucapnya.

Seperti apa solusinya? Salah satu nara sumber webinar Putri Saraswati, S.Psi, M.Psi yang juga dosen UMM Psikolog Pendidikan mengungkapkan bahwa dukungan sosial kepada anak sangatlah diperlukan. Bentuk dukungan sosial orang tua kepada anak terdiri dari dukungan emosional (penghargaan), instrumental (nyata), informasi dan jaringan sosial.

Menurut Putri dukungan sosial tersebut berdambak besar bagi anak untuk membentuk jiwa atau mental anak yang sangat berpengaruh pada keyakinan diri, motivasi belajar, prestasi akademik dan juga kepuasan hidup atau kebahagiaan.

Berdasarkan hal ini, lanjut Putri keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak belajar dan memantau perkembangannya, terlebih dulu dapat berkomunikasi dengan pihak sekolah, terlibat dalam kegiatan sekolah anak, mendukung belajar di rumah, terlibat dalam pembuatan keputusan dalam belajar dan terlibat dalam sumber daya di sekolah.

Terakhir Putri memberikan jawaban atas pertanyaan dari peserta webinar yang sebagian besar menanyakan tentang menghadapi anak dengan berbagai kepribadian. (foto/rilis: humas smamsa/editor: doni osmon)

daftar saja PPDB SMAMSA: program inden: oktober-desember 2020, reguler: januari-juli 2021 Jl. Brigjen Slamet Riadi 134 Oro-oro Dowo Malang, download aplikasi SMAMSA di playstore, http://smamsa.sch.id

SMAMSA Bekali Siswanya Program Penguatan-Motivasi Belajar Virtual

TABLOIDMATAHATI.COM, KLOJEN-Tadi pagi (5/2/2021) sebelum Jum’atan siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang disingkat SMAMSA berkumpul secara virtual untuk mengikuti kegiatan pembinaan dan penguatan pada peserta didik. “Program ini untuk menerobos kejenuhan siswa yang selama ini hanya belajar daring saja, sekarang kami ajak meskipun daring bagaimana tetap prestasi dan berkarya seperti pembelajaran tatap muka,” ujar Waka Humas SMAMSA Kota Malang, Maya Marisa, S.Pd.

Itu sebabnya, lanjut Maya tema yang diambil untuk pembinaan dan penguatan pada peserta didik kali ini Peran Motivasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. Tema ini disampaikan oleh Waka Kesiswaan SMAMSA, Drs. Syamsul Deradjat dan Waka Kurikulum Dra Indah Qurrotul Aini.

Dijelaskan Maya, sesi penyampaian materi Waka Kesiswaan SMAMSA, Drs. Syamsul Deradjat secara umum tentang penguatan tata tertib dan peraturan dalam pembelajaran online di masa pandemic covid 19. Materinya meliputi hak peserta didik, kewajiban peserta didik, perihal sanksi, dan pengumpulan tugas serta ada beberapa materi lain terkait dengan pembelajaran.

SMAMSA Bekali Siswanya Program Penguatan-Motivasi Belajar Virtual 1Suasana motivasi PJJ siswa SMAMSA.

Sementara materi yang disampaikan Waka Kurikulum Dra. Indah Qurrotul Aini, dikatakan oleh Maya secara umum tentang pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Hal ini dilakukan untuk memotivasi dan membangkitkan semangat para peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Dalam kesempatan ini, bahwa media pembelajaran online sangatlah bermacam – macam sehinga PJJ (pembelajaran jarak jauh) dapat dilakukan dengan media yang bervariasi. Seperti WA, G-Meet, G-Classroom, Website, Situs Rumah Belajar, Ruang Guru, selain ini juga dibahas pula mengenai problematikan PJJ yang selama ini dihadapi dan solusi – solusi yang dapat mengatasi problematika tersebut.

Masih dikatakan Maya sesuai materi Indah Qurrotul Aini, kesempatan kali ini siswa mengajukan beberapa pertanyaan. Seperti rencana ke depannya seperti apa. Tentu saja hal ini dijawab oleh Indah Qurrotul Aini, agenda ini dijadikan sebagai agenda rutin untuk memotivasi para peserta didik dan memberikan penguatan. Materi yang disampaikan pada peserta didik dapat bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam kegiatan ini juga disediakan presensi melalui G-Form baik untuk peserta didik dan juga guru yang mana di dalam presensi tersebut diberikan space untuk menuliskan hal penting apa yang dapat dipetik dari kegiatan tersebut dan juga tanggapan audiens termasuk kritik dan juga saran. (foto/rilis: maya marisa/editor: doni osmon)

daftar saja PPDB SMAMSA: program inden: oktober-desember 2020, reguler: januari-juli 2021 Jl. Brigjen Slamet Riadi 134 Oro-oro Dowo Malang, download aplikasi SMAMSA di playstore, http://smamsa.sch.id

Wali Murid SMAMSA Curhat Saat Rapotan Kapan Belajar Tatap Muka

TABLOIDMATAHATI.COM, KLOJEN-Ada yang menarik dari rapotan awal tahun 2021 ini di SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang disingkat SMAMSA. Ketika wali murid mengambil rapor anaknya menuangkan perasaan lega karena melihat nilai akademik anaknya sekaligus perkembangan fisik sekolah yang terus berkembang mewujudkan harapan wali murid sebagai sekolah kreatif berbasis spiritual learning.

“Alhamdulillah wali murid merasakan ada kemajuan akademik mauun fisik SMAMSA, meski begitu ada yang sempat membuat wali murid cemas tentang pembelajaran daring anaknya,” ujar Waka Humas SMAMSA, Maya Marisa, S. Pd, tadi pagi.

Wali Murid SMAMSA Curhat Saat Rapotan Kapan Belajar Tatap Muka 1Wali siswa saat konsultasi pembelajaran anaknya di rumah.

Apa keresahan tersebut? Maya menjelaskan bahwa wali murid melihat anaknya sedikit kawatir karena belajar di rumah siswa semakin menurun aktifitasnya. Sehingga materi yang diberikan guru sering kali terbengkalai jika tidak diingkatkan untuk segera mengerjakan.

Maya melanjutkan sebab turunnya aktifitas siswa tersebut karena siswa sudah bosan belajar virtual di rumah melalui aplikasi yang sudah ditentukan.

Hal lain, lanjut Maya wali murid siswa inklusi juga lebih merasakan kawatir lagi, karena anaknya nanti dengan segala keterbatasan dan kelebihannya harus melanjutkan ke perguruan tinggi yang seperti apa. Misalnya ada siswa inklusi yang bercita cita sebagai pembawa acara, namun secara verbal kurang maka hal ini diserahkan kepada guru pendampingnya.

“Rapotan kali ini memang banyak wali murid konsultasi anaknya, itu sebabnya berlansung lama. Meski begitu kami sangat apresiatif sebagai solusinya,” akunya.

Solusi dimaksud Maya salah satunya, wali murid bersedia tanda tangan surat pernyataan tentang kesediaan pembelajaran tatap muka jika sewaktu waktu dilaksanakan. daftar saja PPDB SMAMSA: program inden: oktober-desember 2020, reguler: januari-juli 2021 Jl. Brigjen Slamet Riadi 134 Oro-oro Dowo Malang, download aplikasi SMAMSA di playstore, http://smamsa.sch.id

Juara Tahfidz dan Pidato Bahasa Arab

TABLOIDMATAHATI.COM, KLOJEN-Prestasi SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang disingkat SMAMSA sudah dipastikan kualitasnya. buktinya di tengah pandemi siswa SMAMSA mampu meraih prestasi adi ajang bergengsi tingkat regional internal Muhammadiyah Jatim bertajuk Muhammdiyah Education Award (MEA).

“Alhamdulillah segala uji syukur hanya ada Allah, prestasi ini adalah kenikmatan yang patut disyukuri agar ke depannya lebih baik lagi dan muncul prestasi lebih banyak lagi di ajang lomba yang berbeda,” ujar Kepala Sekolah SMAMSA Kota Malang, Dra. Umi Mafrukhah, tadi pagi.

Ajang MEA Siswa SMAMSA Juara Tahfidz-Pidato Bahasa Arab 1Salah satu siswa SMAMSA ketika mengikuti final lomba MEA.

Siapa saja siswa prestasi tersebut? Waka Humas SMAMSA, Maya Marisa, S.Pd, menyebutkan ananda Widaad sebagai juara 1 tahfidz Al Qur’an tingkat SMA, disusul ananda Ghaida Khairunnisa Amam peringkat 5 lomba tahfidz Al Qur’an tingkat SMA spesial award, serta ananda Shobah juara 1 lomba pidato Bahasa Arab tingkat SMA.

Berdasarkan prestasi ini, lanjut Maya Marisa, sudah saatnya mereka yang ingin meniru menjadi juara tahfidz dan pidato Bahasa Arab, bisa langsung daftar saja PPDB SMAMSA: program inden: oktober-desember 2020, reguler: januari-juli 2021 Jl. Brigjen Slamet Riadi 134 Oro-oro Dowo Malang, download aplikasi SMAMSA di playstore, http://smamsa.sch.id

GURU SMAMSA LATIH INPUT DATA APLIKASI SIDIKMU

SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang disingkat SMAMSA tadi pagi menggelar pelatihan SidikMu (Sistem Pendidikan Muhammadiyah) dipimpin Kepala Sekolah SMAMSA Kota Malang, Dra. Umi Mafrukhah, pelatihan SidikMu fokus pada aplikasi yang memudahkan guru dalam melaksanakan tugasnya.

Apa itu SidikMu? Umi Mafrukhah disapa Bu Umi menjelaskan bahwa SidikMu merupakan aplikasi akademik berbasis web-mobile yang terhubung langsung dengan sistem android. Melalui aplikasi SidikMu wali murid bisa memantau langsung hasil kegiatan belajar siswa di sekolah secara realtime.

Guru SMAMSA Latihan Input Data Aplikasi SidikMu 1Suasana pelatihan aplikasi SidikMu di SMAMSA Kota Malang.

“Nah aplikasi ini harus disosialisasikan terlebih dulu kepada guru. Sebab tidak semua guru mengetahui aplikasi ini. Kami hanya mengirimkan beberapa guru untuk dilatih mengoperasionalkan aplikasi ini beberapa waktu lalu. Sekarang guru tersebut mengajari guru lain cara menggunakan aplikasi ini,” ujar Ketua Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah Dau Kabupaten Malang ini.

Sebagai langkah awal, kata Bu Umi, penerapan aplikasi SidikMu di SMAMSA pada saat PAS (penilaian akhir semester) yang akan dilaksanakan bulan depan. Penerapan aplikasi ini akan menjadi momentum bersejarah bagi SMAMSA karena sekolah selama ini masih belum menemukan format tepat untuk guru dan siswa dalam melakukan input data yang cepat akurat dan transparan bagi semuanya.