SMP dan SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang, Empat Hari Gelar Workshop SPMI – Tabloid Mata Hati

ORO-ORO DOWO-Peningkatan mutu dan kompetensi pendidikan di lingkup majelis dikdasmen PDM Kota Malang terus ditingkatkan. Salah satu caranya dengan menggelar workshop SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) di SMP Muhammadiyah 1 dan SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang. “Workshop SPMI ini memang sudah beberapa kali dilakukan, agar sekolah yang berada di perguruan muhammadiyah oro-oro dowo ini meningkat mutu dan kompetensinya sesuai dengan delapan standar plus,” ujar Pembina Perguruan Muhammadiyah Oro-Oro Dowo, Dr Abdul Majid Syam, MA, kemarin.

Menurut Abdul Majid-nama panggilan Abdul Majid Syam-workshop SPMI ini dalam rangka meningkatkan mutu SDM (sumber daya manusia). Melalui delapan standar plus akan dipetakan dan divalidasi, kemudian disusun untuk sistem penjaminan jutu SMP-SMA Muhammadiyah 1 Perguruan Oro-Oro Dowo.

SMP dan SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang, Empat Hari Gelar Workshop SPMI 1Pembina SMPM dan SMAM 1 Kota Malang, Adul Majid Syam, (kiri) sedang berdiskusi dengan pemateri.

Sehingga dari delapan standart ini, kata Abdul Majid, diharapkan bisa meningkat. Delapan standart dimaksud adalah standart kompetensi lulusan (SKL), standart isi, standart proses, standart penilaian pendidikan, standart sarana dan prasarana, standartpendidikan, standart pengelolaan, dan standart pembiayaan.

“Kami berharap SPMI yang dibuat empat tahun sekali ini, harus ada peningkatan. Sebab setiap tahun selama empat tahun tersebut ada review. Dari review inilah kami bisa mengetahui standart yang dibuat setiap akhir tahun pencapaiannya sudah seberapa jauh, kendalanya apa, solusinya apa,” akunya.

Sebelum workshop ini sekolah sudah melakukan SPMI bagaimana hasilnya? Abdul Majid menjelaskan belum bisa melakukan evaluasi disebabkan SPMI yang dilakukan dua sekolah ini masih sebatas pelatihan masih belum workshop. Sehingga belum bisa diketahui standart mutunya seperti apa, item peningkatan peningkatan mutunya seperti apa, sehingga belum bisa mengukur standart mutunya karena dasar item pengukurannya tidak ada.

SMP dan SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang, Empat Hari Gelar Workshop SPMI 2Delapan standart penjamin mutu internal, sebagai bahan materi workshop SPMI.

“Kalau boleh kami menyebutkan jika yang dilajukan kemarin tersebut masih wawasan. Sedangkan empat hari ini sudah melangkah pada workshop yang harus menghasilkan buku SPMI sehingba bisa diukur peningaktannya,” ucapnya.

Menariknya, Abdul Majid menyebutkan jika buku SPMI yang dibuat ini berbasis MBS (manajemen berbasis sekolah) artinya semua karyawan sekolah terlibat, mulai guru, bagian umum, hingga kepala sekolah. Sehingga merasa memiliki sekolah untuk berkembang dan meningkat kualitasnya. (foto/editor: doni osmon)

https://tabloidmatahati.com/smp-dan-sma-muhammadiyah-1-kota-malang-empat-hari-gelar-workshop-spmi/#.XfXK7LDc9i-.gmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *