SMAMSA-Psikologi UMM Virtual Parenting Support Ayah Ibu Semangatku

TABLOIDMATAHATI.COM, KLOJEN-Dua hari berturut-turut SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang populer disebut SMAMSA menggelar kegiatan virtual. Salah satunya kemarin (4/2/2021) webinar parenting bertema Support Ayah Ibu Semangatku.

“Acara ini mendapat dukungan dari fakultas psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, sehingga peserta antusias mengikuti motivasi dari psikolog untuk mendorong anaknya sukses prestasi di tengah pandemi,” ujar Waka Humas SMAMSA, Maya Marisa, S.Pd, kemarin.

Dijelaskan Maya, webinar ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara sekolah dengan wali murid yang sudah lama tidak melakukan pertemuan tatap muka. Pertemuan virtual ini sebagai sarana menyapa dan menyambung komunikasi dengan wali murid untuk membantu para wali murid dalam mendampingi siswa belajar daring.

SMAMSA-Psikologi UMM Virtual Parenting Support Ayah Ibu Semangatku 1Peserta parenting virtual di SMAMSA kemarin, wali murid antusias.

“Kami banyak menerima aspirasi dari para wali murid tentang kesulitan yang dihadapi saat mendampingi nak-anaknya berlajar daring. Itu sebabnya kami mencoba memberikan solusi sekaligus motivasi agar masalah tersebut dapat diatasi,” ucapnya.

Seperti apa solusinya? Salah satu nara sumber webinar Putri Saraswati, S.Psi, M.Psi yang juga dosen UMM Psikolog Pendidikan mengungkapkan bahwa dukungan sosial kepada anak sangatlah diperlukan. Bentuk dukungan sosial orang tua kepada anak terdiri dari dukungan emosional (penghargaan), instrumental (nyata), informasi dan jaringan sosial.

Menurut Putri dukungan sosial tersebut berdambak besar bagi anak untuk membentuk jiwa atau mental anak yang sangat berpengaruh pada keyakinan diri, motivasi belajar, prestasi akademik dan juga kepuasan hidup atau kebahagiaan.

Berdasarkan hal ini, lanjut Putri keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak belajar dan memantau perkembangannya, terlebih dulu dapat berkomunikasi dengan pihak sekolah, terlibat dalam kegiatan sekolah anak, mendukung belajar di rumah, terlibat dalam pembuatan keputusan dalam belajar dan terlibat dalam sumber daya di sekolah.

Terakhir Putri memberikan jawaban atas pertanyaan dari peserta webinar yang sebagian besar menanyakan tentang menghadapi anak dengan berbagai kepribadian. (foto/rilis: humas smamsa/editor: doni osmon)

daftar saja PPDB SMAMSA: program inden: oktober-desember 2020, reguler: januari-juli 2021 Jl. Brigjen Slamet Riadi 134 Oro-oro Dowo Malang, download aplikasi SMAMSA di playstore, http://smamsa.sch.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *