SMA MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Informasi Pendaftaran | +62895630912380 | mail@smamsa.sch.id

Color Version

SMAMSA Malang Rayakan HUT RI-78 di Bumi Perkemahan Coban Talun

Pada setiap perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) pasti dilaksanakan upacara bendera. Pada normalnya, upacara diselenggarakan di halaman atau lapangan setiap instansi, baik pendidikan hingga pemerintahan. Hal berbeda ditunjukkan oleh SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang populer disebut  SMAMSA.

Menurut Wakil Kepala Bagian Kesiswaan dan Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa (Waka Kesismuba) Ngadiono, M.Pd, tahun ini  pelaksanakan upacara bendera dilaksanakan di Bumi Perkemahan Coban Talun.

SMAMSA Malang Rayakan HUT RI-78 di Bumi Perkemahan Coban Talun 1

Waka Kesismuba SMAMSA ustadz Ngadiono, M.Pd, ketika memberikan pesan saat ucapacara HUT RI 78.

Menurut ustadz Ngadiono acara tersebut diikuti oleh seluruh siswa dan guru SMAMSA Malang, dengan agenda upacara HUT RI 78 sekaligus refleksi kemerdekaan RI dalam bentuk kemah kebangsaan.

Latar belakang mengapa upacara tersebut dilaksanakan di alam adalah untuk menciptakan kecintaan peserta didik kepada alam. Serta membangun sikap gotong royong antar siswa dan guru saat proses kegiatan tersebut.

“Kami konsep upacara di alam terbuka supaya siswa SMAMSA bisa lebih dekat dengan alam, selain itu juga ada rangkaian HUT RI ke-78 ini dengan kemah kebangsaan,” ujar ustadz Ngadiono.

SMAMSA Malang Rayakan HUT RI-78 di Bumi Perkemahan Coban Talun 2

Pentas seni siswa SMAMSA saat kemah kebangsaan.

Dijelaskan ustadz Ngadiono, rangkaian kegiatan kemah kebangsaan SMAMSA ini dilaksanakan selama dua hari 15-17 Agustus, dengan berbagai agenda mulai pentas seni, jelajah malam, hingga outbound. Terdapat tujuan khusus yaitu menjadi wadah para peserta didik dalam menunjukkan bakatnya, kekompakan kelompok, serta membangun kekeluargaan di lingkungan peserta didik.

“Acara kemah kebangsaan yang menjadi rangkaian perayaan HUT RI ini kami serahkan kepada peserta didik untuk mengelola. Secara tidak langsung untuk mengasah skill leadership mereka,” tambah ustadz Ngadiono.

Sekedar diketahui, lanjut ustadz Nagdiono pentas seni yang dilakukan para peserta didik SMAMSA Malang sangat bervariatif, mulai dari penampilan musikalisasi puisi, stand up comedy, hingga drama teatrikal tentang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

SMAMSA Malang Rayakan HUT RI-78 di Bumi Perkemahan Coban Talun 3

Antusiasme siswa SMAMSA ketika mengikuti kemah kebangsaan.

Selain itu, dalam giat kemah kebangsaan tersebut juga berkolaborasi dengan tim mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Kelompok 8 Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Para mahasiswa tersebut ikut memeriahkan giat kemah kebangsaan itu dengan workshop leadership dengan tema “Students Today Leaders Tomorrow”. Materi yang diberikan tidak hanya sekedar ceramah, namun juga masuk kepada implementasi untuk menjadi seorang leaders.

Terakhir, Ion sapaan akrabnya berharap dari adanya giat kemah kebangsaan dan upacara 17 agustus yang dilaksanakan di bumi perkemahan coban talun tersebut. Mampu memberikan makna dan suasana yang berbeda dalam perayaan HUT RI-78 dengan yang lain.

“Leadership dan kekompakan peserta didik kami pasca kegiatan ini nantinya insyallah bisa menjadi salah satu anak panah persyarikatan Muhammadiyah dan bangsa,” harapnya.

 

Sumber : https://tabloidmatahati.com/smamsa-malang-rayakan-hut-ri-78-di-bumi-perkemahan-coban-talun/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top